Untuk Lombok: After Disaster Relief

penyerahan donasi kepada para penyintas gempa di Dasan Geria

Sabtu (04/08), sepekan pasca guncangan 6,4 SR, Nune Dende OSSI MSI menjadi relawan pijat bekam bersama Rumah Sehat Ar-Rayyan, juga stress healing bagi adik-adik di pengungsian. Kami menyambangi beberapa posko pengungsian di Kecamatan Sukadana.

..and not so long, came the major quake

Gempa bumi 7 SR pada Ahad (05/08) lalu masih membekas dalam ingatan.
Subhanallah, dengan izinNya jualah, kami segenap keluarga besar MSI selamat dari guncangan tersebut. Kami adalah "survivor"--orang-orang yang selamat. Meski demikian, beberapa peserta didik dan karyawan MSI yang berasal dari kecamatan Lingsar, turut terdampak. Syukurnya, tidak ada korban jiwa, hanya rumah retak dan roboh, yang InsyaAllah akan diganti dengan yang lebih baik dan tahan guncangan. Amiiin..

Awal sekolah, kami mulai dengan training psychological first aid bagi para guru bersama Bpk.Rizki Tajudin dan Ibu Frida Ayu dari Sahabat Tsaura. Tujuannya tak lain agar para guru punya skill untuk mendampingi peserta didik pasca bencana. Tentunya bukan hanya peserta didik, tapi siapa saja yang ikut terdampak. Dan hakikatnya bukan hanya untuk penanganan pasca bencana, namun ragam momen lain yang bisa menimbulkan efek stres atau traumatis.

Madrasah pun menjadi basecamp beberapa komunitas relawan. Sebut saja ARKOM (Arsitek Komunitas) Jogja, Kampung Dongeng Indonesia, dan GP Jamu. Komunitas relawan ini turut membaur membersamai Nune Dende dan memberikan terapi healing untuk mereka.

kegiatan pijat bekam di Sukadana sebelum guncangan 7 SR

Do something!
Pasca healing, MSI mulai bergerak. Nune Dende berbagi donasi dan keceriaan di kampung sekitar Madrasah (kecamatan Lingsar) yang terkena dampak cukup parah. Sebagian lainnya mengunjungi keluarga besar MSI di Lombok Utara, juga para survivors lainnya di posko pengungsian.

Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya bagi semua pihak yang turut membantu.

Kami percaya,
Lombok bisa melewati masa-masa ini
dan semua ini tiada lain
adalah jalan untuk berbenah diri
menjadi lebih baik.

InsyaAllah
Alhamdulillah 😊
bermain bersama anak-anak penyintas gempa Lombok
Terima kasih:
- Keluarga Besar MSI
- Sahabat Tsaura
- Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN)
- Sekolah Alam Bekasi
- Sekolah Alam Bogor
- Yayasan Wakaf SAI Meruyung
- Jamah Masjid Al-Muhajirun Ciputat Jakarta
- Kampung Dongeng Indonesia
- ARKOM Jogja
- Rumah Sehat Ar-Rayyan
- LP2TA NTB
- GP Jamu NTB

Posting Komentar

0 Komentar