Ekspedisi Kumbi: Start Strong, Finish Stronger!




"We don't grow when things are easy. We grow when we face challenges."

And it's true!
Kami sepakat bahwa kesulitan dan tantangan adalah medium yang menjadikan kita bertumbuh. Maka salah satu tugas kami di Madrasah adalah menciptakan tantangan-tantangan, kesulitan yang sengaja dirancang--by design.
Dalam keseharian, peserta didik pun sebetulnya terus berusaha menyelesaikan tantangan; bangun pagi, manajemen waktu, konflik pertemanan, dan lain-lain. Jika kita sepakat, maka percayakan pada mereka. Seiring waktu mereka akan menemukan cara beradapatasi, cara bertahan, cara berkompromi. Humans are wonderfully designed to tackle challenges. Indeed!


Hampir semua (jika belum bisa dikatakan semua) program kegiatan Madrasah berpotensi menghadirkan tantangan, kesulitan (tentunya dengan level yang terukur) bagi peserta didik. Utamanya adalah menantang diri untuk keluar dari zona nyaman. 
Pekan lalu (13-14 November), kami menggelar agenda rutin semester: Outing Akbar seluruh angkatan. Kali ini lokasinya di Bumi Perkemahan Tahura “Nuraksa”, Dusun Kumbi, Desa Pakuan, Lebah Sempage, Narmada. Lokasi cukup menantang walaupun berjarak relatif dekat dari Madrasah.


Tantangan pertama datang dari kondisi camping yang serba terbatas. Tidur berkelompok dalam tenda-tenda kecil, makan dan minum tak seleluasa di asrama. Tim diacak, semua harus belajar bekerjasama, dengan teman seangkatan, adik tingkat, ataupun kakak tingkat.
Tantangan berikutnya adalah eksplorasi hutan. Tiap kelompok harus menjelajah sesuai rute, menyelesaikan tantangan di setiap pos yang dikawal kakak-kakak Aliyah. Materinya seputar fenomena alam dan ekosistem yang dikaitkan dengan ayat-ayat al-Quran sambil mencatat temuan menarik sepanjang rute.

Malam hari diisi dengan pentas seni angkatan. Persiapan singkat, tapi harus tetap jaga kekompakan. Heheh..
Next challenge: Jurit Malam. Kegiatan yang sudah menjadi semacam rahasia umum, tapi tetap bikin deg-degan. Karena setiap semester selalu ada pembaruan, selalu ada kejutan yang bikin penasaran. Di Ekspedisi Kumbi kali ini, setiap individu/tim harus berhasil melalui pos-pos tantangan; ada uji ketahanan, integritas, amanah, kepekaan, kerjasama. Seru! 




Kegiatan ditutup dengan pelantikan anggota Pramuka Saka Kalpataru; pengukuhan sekaligus komitmen kepramukaan untuk turut ambil bagian berkontribusi bagi lingkungan hidup. Amiiin..semoga tetap semangat dan konsisten ya! 
Alhamdulillah,
We start strong, and finish stronger!
Kami percaya semua proses belajar yang dijalankan peserta didik adalah investasi yang memperkaya diri "mind-body-soul", membantu menyiapkan mereka menjadi generasi masa depan pembangun peradaban. Amin ya Rabbal Alamin..
*MSI menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kantor Balai Tahura Nuraksa yang telah memfasilitasi kegiatan Ekspedisi Kumbi. 









Posting Komentar

0 Komentar