Connect to Learn Sosial

CTL Sosial

Salah satu yang menjadikan Pesantren Alam Sayang Ibu unik adalah komitmen bersama untuk mengenalkan Nune Dende pada aneka bentuk pengalaman.
Hal ini sudah sejak awal disampaikan pada Orangtua Wali. Pengalaman tersebut tergambar pada desain belajar yang unik, kegiatan harian, juga tanggungjawab individu dan kelompok. Komitmen ini juga yang menjadikan PAMSI terbuka pada aneka bentuk kegiatan yang positif membangun: aneka lomba, kunjungan tamu, komunitas, undangan, kegiatan-kegiatan kolaborasi--we're in! Tentunya dengan berbagai penyesuaian disana sini agar semua bisa selaras dan kegiatan tetap berjalan.
Desain kegiatan juga dipertimbangkan sesuai tingkatan Nune Dende. Jika di kelas lanjutan, ada live in riset/pengabdian, maka di kelas 7, ada kegiatan Connect to Learn (CTL) Sosial. Tujuan utamanya mengasah empati. Mengenalkan mereka pada situasi yang berbeda dari keseharian. Mengajak mereka peka tantangan, beradaptasi di lingkungan baru dengan tetap menjadi diri.
Di tahun-tahun sebelumnya, mitra CTL PAMSI tersebar di beberapa Kabupaten/Kota. Kali ini, karena pandemi, lokasi CTL sengaja dipilih di wilayah Lombok Barat. Sekolah mitra CTL pun letaknya sangat terjangkau dari PAMSI. Ada SLB dan beberapa PAUD.
Selama CTL berlangsung, Nune Dende terlibat aktif membantu aneka kegiatan di sekolah mitra. Ada yang membantu persiapan mengajar, mengarahkan, mengorganisir kegiatan kelas seperti berdoa dan menggambar, bahkan belajar mengaji.
Di SLB 1 Lobar, Nune Dende ikut membantu proses belajar,mendampingi para guru hebat. Kerennya, mereka juga berkesempatan untuk belajar bahasa isyarat. Puncaknya adalah turut serta dalam kepanitiaan kegiatan pojok ekspresi yang didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Barat.
Waktu CTL-Sosial memang singkat, hanya empat hari (4-8 April). Namun, kami berharap empat hari ini menjadi hari yang penuh arti. Semoga Nune-Dende belajar banyak dan siap menempa diri, berproses menjadi individu yang cerdas hati.
PAMSI mengucpakan terima kasih kepada mitra CTL Sosial :
- SLBN 01 Lobar
- PAUD Murpeji
- PAUD Al IQRO Jelateng
- PAUD Al Firdaus Jelateng
Salam!



















Posting Komentar

0 Komentar