Live-in PAMSI : Mengabdi, Berbagi, Membangun Diri

 Live-in PAMSI : Mengabdi, Berbagi, Membangun Diri

Live-in Magang
Live-in tapi harus magang, bisa? Bisa!
Ini adalah kali pertama PAMSI menggabungkan antara live-in dan magang--yang di PAMSI disebut sebagai CTL (Connect to Learn) bagi kelas 10.
Bale Jukung di Lombok Utara menjadi pilihan. Mas Midi dan Mba Nina, pemilik sekaligus pengelola Bale Jukung, adalah salah satu yang mendukung program-program PAMSI saat baru dimulai dulu. PAMSI pun menyaksikan sendiri bagaimana Bale Jukung dimulai, sedikit demi sedikit, hingga akhirnya kini menjadi ruang nyaman yang bisa mengakomodir aneka kegiatan. Mas Midi dan Mba Nina juga membantu menghubungkan kami dengan beberapa praktisi di bidangnya--maestro, sehingga Nune Dende bisa belajar langsung dari ahlinya. Perpaduan kegiatan sosial, lingkungan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, entrepreneur, dan networking sangat terasa. Alasan inilah yang menjadikan Bale Jukung pilihan untuk live-in magang kali ini.
Ada beberapa pilihan kegiatan yang dilakukan Nune Dende peserta live-in magang.
Ada yang belajar budidaya cacing dan aneka olahannya: pil cacing, probiotik, dan pakan ikan/ternak. Terima kasih, Pak Aziz, maestro budidaya cacing. Ada yang menekuni budidaya lebah trigona, mempelajari siklus panen dan hal-hal yang merangsang produksi madu. Belajar stek anggur dan mawar juga sangat menarik. Karena kopi menjadi salah satu daya tarik di Bale Jukung, maka roasting kopi menjadi salah satu menu belajar, termasuk mengetahui bagaimana kopi berkualitas dihasilkan. Selain itu, ada juga yang belajar pengolahan makanan dan minuman. Dari yang tradisional, berbahan herbal, sampai kue-kue kekinian. Komplit!
Kegiatan praktek magang dilakukan Nune Dende dari pagi hingga siang hari
Sorenya mereka mengajar di TPQ, dan malam hari mereka melakukan evaluasi kegiatan dan diskusi. Sebuah pengalaman baru yang luar biasa. Alhamdulillah..
PAMSI mengucapkan terima kasih sebesar-sebesarnya kepada Bale Jukung--Mas Midi dan Mba Nina, yang sudah memfasilitasi proses belajar Nune Dende. Semoga kita bisa terus bekerjasama dan saling mengisi.
Sampai jumpa di kegiatan live-in magang berikutnya ya!






















Posting Komentar

0 Komentar