Madrasah Aliyah PAMSI Riset Berbasis Rukun Islam dan SDG's

 Kultur riset di Pesantren Alam Sayang Ibu (PAMSI) sudah dimulai di tingkat Tsanawiyah. Proyek riset digarap perlahan tapi serius. Intensitasnya makin meningkat jelang akhir semester, sampai di tahap presentasi yang menggantikan ujian akhir.

Di tingkat Aliyah, riset menjadi metode belajar integratif. MA PAMSI mendesain proyek riset dwi-mingguan berbasis SDG's yang dimaknai lewat semangat Rukun Islam. Tema riset diambil dari poin-poin SDG’s yang saling berkait, kemudian disusun ulang berdasarkan susunan rukun Islam: ada poin SDG’s yang masuk ke rumpun syahadat, rumpun shalat, rumpun puasa, rumpun zakat dan rumpun haji. Satu rumpun rukun Islam tersebut digarap dalam bentuk riset selama dua minggu.
Pada pekan pertama, Nune Dende merencanakan riset dan diberi wawasan dasar berdasarkan kurikulum pemerintah yang berguna dalam pengerjaan riset, baik untuk membuat proposal, mengambil data, menganalisis data, hingga menyusun laporan penelitian. Di pekan pertama juga, Nune Dende melakukan observasi lapangan, mencoba memetakan masalah, dan menyusun konsep rencana penelitian. Tahap selanjutnya adalah studi pustaka hingga ke tahap pengajuan dan presentasi proposal.
Pada pekan kedua, Nune Dende kembali melakukan pengambilan data sesuai proposal yang diajukan. Proses dikatakan selesai setelah presentasi dan evaluasi proyek dengan menghadirkan koordinator riset dan penyelia dari mitra PAMSI.
Proyek riset SDG's MA dirancang selama 10 pekan. Satu tema diselesaikan dalam 2 pekan. Lokasi riset disesuaikan dengan tema, ada yang di area pedesaan, perkotaan, hutan, dan pantai. Selain format observasi dan riset, ada juga format live in, yang memungkinkan Nune Dende melakukan observasi lebih mendalam, melakukan wawancara, dan merasakan langsung menjadi penduduk setempat.
Melalui riset, PAMSI memberikan keleluasaan pada Nune Dende untuk belajar, mencari informasi dari berbagai disiplin ilmu, dan menganalisa. Proses belajar menjadi lebih utuh dan integratif.
Semoga Nune Dende menikmati proses riset yang mereka jalani. Hasilnya akan kami update lagi ya.
We really look forward to see how it goes!
Salam,
TIM PAMSI













Posting Komentar

0 Komentar