Arabic Month - Bulan Bahasa Arab PAMSI

Arabic Month - Bulan Bahasa Arab PAMSI

    Awal semester, TP. 2021 / 2022 dimulai dengan program Arabic Month. Program ini secara resmi dimulai pada 14 Juni dan akan berakhir di bulan Juli. Arabis Month diikuti oleh semua Nune Dende, kecuali kelas 7 dan kelas 10, yang nantinya akan mengawali semester dengan English Month.
 
    Arabic Month adalah salah satu program wajib PAMSI untuk meningkatkan soft skill komunikasi Nune dan Dende. Selama satu bulan, Nune dan Dende diajak untuk terbiasa menggunakan bahasa Arab dalam berkomunikasi. 
 
    Materi Arabic Month disusun dengan menarik: tidak hanya belajar teori tetapi langsung praktik komunikasi. Teori diberikan saat jam belajatr regular di kelas, ada penambahan muhadatsah (conversation/percakapan), dan penambahan mufrodat baru (vocabs/kosakata) setiap pagi.
 
    Tidak hanya Nune Dende, untuk mendukung keberhasilan program Arabic Month, guru-guru juga belajar dan berlatih berbicara bahasa arab. Setiap harinya, semua guru melakukan muhadatsah "percakapan" sederhana sebagai awal untuk memulai aktivitas pagi.
 
    Dalam sambutannya pada acara pembukaan program, Ustadz Jamaludin, Pengasuh Pesantren Sayang Ibu, menekankan pentingnya belajar Bahasa Arab. “Bahasa Arab itu terkait dengan kecerdasan akal,” terangnya sambil memotivasi. “Dalam al-Quran setidaknya ada dua ayat yang mengaitkan penggunaan Bahasa Arab sebagai Bahasa al-Quran dengan kemampuan atau kecerdasan akal. Karena itu, jika Bahasa Arab dipelajari dengan sungguh-sungguh maka ia dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir.”.
 
    "Bahasa Arab juga penting agar kita bisa memahami agama dari sumber aslinya,” tandasnya lagi. “Di zaman sosmed saat ini, seringkali meneyebar pemahaman-pemahaman keliru dan telah menjadi salah kaprah. Nah, kalau kita mampu berbasa Arab, kita bisa crosscheck setiap informasi langsung ke sumber utamanya, yang tertulis dalam Bahasa Arab.".
 
Ustadz Syamsul, ketua panitia Arabic Month, di kesempatan lain mengingatkan bahwa segala sesuatu harus didasari dengan niat. Nune dan Dende harus yakin pada kemampuan diri untuk bisa memahami dan percaya diri berbicara bahasa arab.
 
Semoga program Arabic Month berjalan lancar. Semangat Nune Dende!
 
 








Posting Komentar

0 Komentar