Moving Classroom~Chasing the AHA moments!

 Moving Classroom~Chasing the AHA moments!

Aha!
That moment when the information hits your brain at its core, making certain chemical reaction, leaving you in a state of wonder--aha, I got it!

Menghadirkan pengalaman belajar yang menyenangkan, tidak melulu dalam ruang kelas, adalah salah satu konsep pendidikan PAMSI.

Konsep ini menjadi acuan untuk mendesain kegiatan belajar PAMSI. Setiap subjek mapel, sebisa mungkin, punya alternatif "ruang kelas" lain yang memungkinkan Nune Dende mengeksplorasi ide dan menemukan keterkaitan antar teori dalam teks dan konteks di lapangan.

AHA moment memang datang tak terduga. Tapi kita bisa menyiapkan jalan agar momen AHA tersebut lebih sering datang menghampiri.

Have you got your AHA, today? 🙂












---------------

*in frame :

Kegiatan Nune Dende kelas 10 IPA. Mereka tengah bergelut dengan konsep fisika dari gerak, gaya, dan energi. Pembelajaran berbasis proyek, menyaratkan penelitian dan pengumpulan data di beberapa lokasi berbeda.

Alat sederhana, kincir angin sumbu vertikal, adalah hasil rancangan bersama. Dibuat sepenuhnya dari barang2 yg tidak dimanfaatkan sepert triplek bekas, sisa pipa PVC, dan generator dari mesin printer yg sudah rusak.

Nune Dende mencatat data potensi daya listrik dari tenaga angin, membuat perbandingan, menganalisa berbagai kemungkinan, sampai pada solusi jika skenario A atau B terjadi.

Selain pembangkit listrik tenaga angin, Nune Dende juga sudah berkreasi dengan membuat mesin listrik tenaga air sederhana yang diaplikasikan langsung di kolam pondok.

Foto pada beberapa slide terakhir adalah aktifitas kelas 10 IPS yang membaur dengan masyarakat nelayan. Mereka melakukan wawancara seputar aktifitas harian, pendapatan, dan kendala yang dihadapi para nelayan.

🙂🙂

Posting Komentar

0 Komentar