Bunga Telang Bawa Santri Pamsi Raih Perunggu pada Ajang FIKSI 2023


 Bunga Telang Bawa Santri Pamsi Rail Perunggu pada Ajang FIKSI 2023

 




Dasan Geria – (27/9) Dua santri Pesantren Alam Sayang Ibu (PAMSI), Isnaini Fadila Khansa dan Baiq Kayla Tiara Aulia, wakili NTB dalam final FIKSI (Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia) tingkat nasional. Program FIKSI jenjang SMA/MA dan SMK tahun 2023 diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional. Acara ini dilaksanakan selama lima hari, mulai tanggal 25-30 September 2023 di Smesco Indonesia, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.


Chaca dan Tiara; sapaan akrab mereka berhasil memperkenalkan produk bisnisnya yang diberi nama Sanya Organic Nature. Sanya Organic Nature adalah sabun organik berbahan dasar Bunga Telang yang khusus digunakan untuk hand and body wash. Fungsi dari sabun organik ini adalah untuk membersihkan tubuh dari kotoran, antibacterial, dan antioksidan. “Kami ingin memanfaatkan tumbuhan lokal yang tumbuh di sekolah kami menjadi produk yang lebih inovatif” ungkap Chaca.


Bahan organik lain yang digunakan sebagai bahan dasar produk ini diambil dari lingkungan pesantren diantaranya adalah  daun sereh, buah lerak, virgin coconut oil yang dibuat dari kelapa yang tumbuh di pesantren dan  ecoenzim dibuat dari sampah organik. Ada tiga tahap yang dilalui Chaca dan Tiara sebelum lolos menuju final. Tahap satu seleksi berkas ringkasan ekskutif, tahap dua seleksi proposal usaha, dan tahap tiga adalah final. Pada tahap final, semua peserta harus presentasi di depan juri sesuai bidang lomba dan melakukan expo untuk mengenalkan produk wirausaha mereka kepada banyak orang. Secara nasional, jumlah peserta yang lolos adalah 329 peserta yang terdiri dari 182 peserta SMA/MA dan 147 peserta SMK yang terbagi dalam berbagai macam bidang lomba. 



Tujuan program FIKSI adalah untuk menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahaan peserta didik menengah, agar mampu bersaing secara global dengan mengoptimalkan potensi kearifan lokal sebagai kontribusi terhadap pengembangan ekonomi lokal dan nasional.

Posting Komentar

0 Komentar